Satu langkah perjuangan telah berhasil kulewati. Mungkin banyak yang tidak menyangka aku akan berhasil menyelesaikan tantangan ini dalam waktu yang relatif singkat. Tapi, Aku telah membuktikannya bahwa Aku mampu. Aku yakin, Allah ada di balik semua yang kualami akhir-akhir ini.

Skripsi telah menjadi amanah utama yang harus kutunaikan selepas amanah sebagai Ketua KAMMI UGM. Tepat 6 Mei 2012, begitu amanah Ketua KAMMI mulai beralih ke saudaraku yang lain, aku segera memutuskan untuk pindah sejenak agar bisa fokus dalam penyelesaian skripsi ini. Ada sahabat seperjuangan yang selalu setia menyemangati dalam setiap langkah, karena kita memiliki mimpi yang sama. Ya, memberikan kebahagiaan kepada ortu melalui skripsi.

Hampir tidak ada hari yang terlewati tanpa menulis atau membaca materi skripsi. Aku begitu terlena dalam aktivitas ini. Aku seakan-akan menemukan lagi kecintaanku pada ilmu yang sedang aku tekuni saat ini. Tak lupa tentunya Do’a selalu aku panjatkan demi kelancaran penyelesaian skripsi ini. Walhasil, aku berhasil menyelsaikannya dalam waktu kurang lebih 1 bulan. Waktu yang relatif sangat singkat untuk pengerjaan skripsi. Tapi, sekali lagi Aku telah membuktikan bahwa tidak ada yang tidak mungkin jika Allah telah berkehendak.

Begitu skripsi ini berhasil kuselesaikan dan sekaligus mengabarkan kelulusan ujian pendadaranku, Akun Facebook Ayah langsung update. Akun FB yang sangat jarang sekali dilirik kecuali pada sela-sela kesibukannya. Dan tahukan kalian, betapa bahagianya Aku begitu membaca status terbaru yang berbunyi :

“Sebuah kebahagiaan tlah kau prsembhkn buat kami (papa n mam)….nakku ..? di depan tentu mash bnyak yg harus d kjar brikutx …….. do’a mam n pa2 slalu mnyertaimu.”

Ya, ini baru langkah awal untuk memberikan kebahagiaan kecil buat Ayah dan Ibu. Aku tahu sangat tidak mungkin untuk membalas kebaikan yang telah kalian berikan semenjak Aku lahir. Tapi Aku berjanji akan segera memberikan kebahagiaan-kebahagiaan kecil berikutnya dalam setiap langkah hidupku.

Sendowo, 3 Juli 2012

Iklan