Ditengah kegalauan akan memilih langkah pengabdian pasca kampus, siang ini aku mencoba memasukkan lamaran kerja di beberapa perusahaan. Kebetulan 2 hari ini di UGM sedang berlangsung “CAREER DAYS XI” di Grha Sabha Pramana. Iseng saja aku mengumpulkan berkas yang tidak lengkap siang ini.

Persyaratan yang dibutuhkan seharusnya mengumpulkan CV, Ijazah, Transkrip nilai, dan fotokopi KTP. Tapi, siang ini aku hanya mengumpulkan CV dan fotokopi KTP, karena berkas lainnya belum aku miliki. Selang 3 jam dari pengumpulan berkas, aku mendapat panggilan dari perusahaan pertama untuk melakukan wawancara sekarang juga. Dalam kondisi yang sangat jauh dari persiapan matang.

Aku bahkan sudah lupa, siang tadi aku melamar di bagian apa di perusahaan tersebut. Mencoba mengingatnya, aku pun belum tahu bidang tersebut bekerja seperti apa. Tanpa pikir panjang, aku segera bersiap diri menuju lokasi wawancara.

Setiba di lokasi wawancara, ternyata sudah banyak rekan seperjuangan lainnya yang sedang menunggu giliran wawancara di perusahaan lainnya. Setelah menunggu sekitar 30 menit, aku pun dipersilahkan masuk oleh salah seorang pegawai perusahaan tersebut. Aku pun menjalani wawancara tanpa ada semangat sedikitpun untuk diterima. Bagiku, ini hanyalah momentum untuk mengetahui seperti apa persaingan di dunia kerja saat ini. Tidak lebih.

Pertama kali, aku diminta untuk memperkenalkan diriku secara mendalam. Aku pun dengan mudah untuk menjelaskannya. Kemudian, aku ditanya lebih jauh mengenai aktivitas-aktivitasku selama di kampus. Semua masih terasa mudah. Terakhir, aku di berikan 2 buah soal logika dan diminta untuk menyelesaikannya saat itu juga di depan mereka. Dalam waktu yang singkat itu, ternyata logikaku sama sekali gak jalan. Aku kebingungan menemukan solusi dari kasus tersebut.

Aku pun di interview lebih jauh mengenai jabatan yang akan aku jalani ke depan. Sama sekali posisi yang tidak aku pahami. Aku hanya tau, posisi itu terbuka untuk lulusan statistika. Informasi lainnya masih kosong di pikiranku.

Aku anggap ini adalah pengalaman pertamaku. Tidak banyak persiapan yang aku lakukan, tapi aku belajar banyak hal dari wawancara sore ini. Jalan menuju pencapaian mimpi pun semakin terang. Ya, aku harus sukses. Tentu dengan perjuangan yang tidak mudah. Tapi aku yakin, aku BISA.

Bismillah..

Sendowo, pkl 20.20 WIB

